Pecatan Damkar Makassar Terancam 4 Tahun Penjara

Rabu, 21 Juli 2021 22:22

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lelaki berinisial IS masih mendekam di balik jeruji besi Polsek Ujung Pandang, atas kasus tindak pidana penipuan yang ia lakukan di sejumlah wilayah di Kota Makassar.

Pria berusia 39 tahun itu mengaku sebagai petugas Pemadam Kebakaran Makassar, dengan melakukan penipuan di sejumlah toko atau perkantoran.

Padahal, IS merupakan warga sipil yang merupakan pecatan dari Dinas Pemadam Kebakaran. Dia pun kini terancam empat tahun penjara.

“IS merupakan petugas Damkar Makassar yang sudah dipecat. Dia mengaku dari Damkar kepada pelaku usaha. Kami terapkan Pasal 378 tentang kasus penipuan,” kata Panit 1 Reskrim Polsek Ujung Pandang, Iptu Surya di kantornya, Rabu (21/7/2021).

Pelaku IS yang berambut pirang itu beraksi dengan cara menukarkan alat pemadam kebakaran ringan di perkantoran swasta, dan meminta ongkos hingga jutaan rupiah kepada korban.

Korban yang mengaku curiga dengan sikap IS, akhirnya melapor ke Dinas Pemadaman Kebakaran Makassar dan diteruskan ke polisi. Polisi pun menyamar sebagai pemesan alat pemadam ringan, dan melakukan penangkapan.

“Anggota berpura-pura memesan dua buah APAR kemudian kita minta dibawa ke Jalan Veteran Utara. Di sana kami meringkusnya bersama sejumlah barang bukti,” ungkapnya.

Dari hasil penangkapan, lanjut perwira polisi dua balok ini, ditemukan barang bukti seperti sebuah stempel, kwitansi, baju kaos berlogo Damkar Makassar yang semuanya adalah palsu.

Bagikan berita ini:
8
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar