PPKM Darurat, Pengusaha Minta Subsidi Upah 50 Persen

Rabu, 21 Juli 2021 17:52

ilustrasu-- Pekerja melakukan proses pengerjaan pembangunan 6 ruas jalan tol Seksi A Kelapa Gading-Pulogebang 9,3 kilome...

Luhut mengatakan, dalam proses pengambilan keputusan, pemerintah terbuka dalam berbagai masukan dari siapapun. Sebab, dalam menentukan kebijakan harus disesuaikan dalam kondisi yang ada dan pengalaman dari berbagai negara.

“Dalam proses pengambilan keputusan harus ada kearifan kita semua. Tidak mungkin ditutup dua minggu langsung dibuka, tidak ada,” ucapnya.

Luhut mengaku, pemerintah juga belajar dari berbagai negara terkait menghadapi Covid-19 varian Delta. Sebab, banyak terjadi ketika kebijakan pembatasan dibuka angka kenaikan kasus langsung melonjak.

“Kita lihat di India, Malaysia dimana-mana, kalau dibuka langsung itu naik lagi, kita enggak mau itu lagi, delta varian ini 7 kali lebih dahsyat penularannya daripada Alpha,” imbuhnya.

Luhut menambahkan, tanggal 25 Juli mendatang, pihaknya akan melakukan evaluasi dan memberikan laporan langsung kepada Presiden Jokowi. Setelah itu, PPKM mulai menggunakan istilah level, bukan lagi darurat.

“Ramalan kami sementara, itu akan banyak di Jawa- Bali yang level 4 jadi level 3, mungkin akan level 2. Seperti Jateng sudah ada yang level 2. Tapi enggak mungkin langsug kita umumkan. Nanti takutnya euforia, langsung naik lagi,” ungkapnya.

Bagikan berita ini:
2
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar