Program Magang Bersertifikat, Mahasiswa Bisa Dapat Gaji Rp4 Juta

Rabu, 21 Juli 2021 17:27

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto mengatakan bahwa program beasiswa ini akan memberikan...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menghadirkan program magang bersertifikat. Program ini diberikan kepada lulusan SMA, SMK, dan MA yang hendak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Wikan Sakarinto mengatakan bahwa program beasiswa ini akan memberikan gaji bagi para mahasiswanya. Adapun gaji yang akan diberikan hingga mencapai Rp4 juta.

“Mahasiswa magang dapat gaji dan kami menyediakan anggaran untuk menggaji mahasiswa magang, kisaran Rp4 juta. Mungkin ada 1 semester yang dikosongkan matkulnya (khusus untuk magang), mungkin di semester akhir seperti semester 7 dan 8,” terang Wikan dalam webinar Sosialisasi Program Kampus Merdeka Vokasi, Rabu (21/7).

Magang bersertifikat ini juga dilengkapi sertifikasi yang dikenal dan diakui dunia industri. Istimewanya, bukan hanya mahasiswa yang membuat serta mendaftar proposal, namun juga perusahaan diminta untuk mengisi data.

“Untuk ini tidak sama dengan program biasanya, kalau ini kita datangin (perusahaan) dan kita minta menyusun proposal dan kegiatannya kayak apa dan projectnya apa. Itu dirancang industri,” tuturnya.

Mendikbudristek Nadiem Makarim juga berharap jangan hanya 10 atau 12 mahasiswa saja yang ikut magang, diharapkan ada 100 mahasiswa per perusahaan. Meski banyak, untuk mendapat sertifikat tidak mudah.

Bagikan berita ini:
6
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar