Spektrum Kebangsaan

Rabu, 21 Juli 2021 17:38

Dr Hasrullah-- dok pribadi

Oleh Dr Hasrullah

FAJAR.CO.ID — Saya tidak menyangkan, KKN Kebangsaan yang dilaksanakan ketika menjabat sebagai Kepala UPT KKN Unhas 2013, menjadi legacy (warisan) berharga untuk mempersatukan mahasiswa KKN kebangsaan seluruh universitas di Indonesia, dan menjadi spektrum mulai dari anak bangsa yang mendiami dari Aceh hingga Papua.

Semenjak pelaksanaan KKN dilaksanakan seluruh kampus di Indonesia pada tahun 1972 yang dipelopori; Universitas Hasanuddin, UGM, dan Universitas Andalas, baru pada 2013 dapat disatukan dalam program KKN dalam satu wadah yaitu KKN Kebangsaan. Ide cemerlang yang menyatukan anak mahasiswa KKN kami diganjar sebuah penghargaan dalam bentuk sertifikat sebagai Pelopor KKN Kebangsaan yang diberikan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonosia (MRPTNI) yang ditandatangani Ketua Majelis Rektor IPB, Prof. Dr. Ir Herry Suhardiyanto Msc. Penghargaan ini diserahkan di Universitas Halu-oleo, Kendari, 23 Agustus 2015 lalu.

KKN Kebangsaan diawali di Unhas tahun 2013, dan sampai saat ini sudah ada 9 Universitas di Indonesia yang telah melaksanakannya.T ahun ini, Universitas Jambi (Unja) sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan yang akan berlangsung 23 Juli-25 Agustus 2021. Hal tersebut, berdasarkan Keputusan surat Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, yang akan diikuti 87 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menjadi salah satu mata kuliah wajib harus ditempuh mahasiswa. Sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, KKN menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh mahasiswa. Pasalnya, dalam kegiatan KKN mahasiswa akan terjung langsung di tengah masyarakat guna mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.

Bagikan berita ini:
5
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar