Antrean Pasien di RSLI Kogabwilhan II Surabaya Teratasi, Jumlah yang Dirawat 253 Orang

Jumat, 23 Juli 2021 22:59

SAATNYA BERBAGI: Penyintas Covid-19 dari anggota Kodam V/Brawijaya mengikuti skrining donor plasma konvalesen di RSLI pa...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Situasi overload pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kogabwilhan II Surabaya perlahan teratasi. Antrean pasien tak lagi terjadi. Kamis (22/7), jumlah pasien yang dirawat tinggal 253 orang.

Banyak faktor yang menjadi pemicunya. Penerapan PPKM darurat yang membatasi mobilitas warga ditambah kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan adalah beberapa di antaranya. Selain itu, banyak pasien berstatus OTG yang lebih memilih melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Di saat bersamaan, jumlah pasien sembuh pun meningkat.

”Setiap hari, sebanyak 50–60 pasien berhasil sembuh dan dipulangkan,” kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Radian Jadid.

Pasien sembuh setelah menjalani perawatan selama 10 hingga 14 hari. Penurunan pasien secara otomatis berdampak pada persediaan tabung oksigen. Imbasnya, stok tabung oksigen di RSLI dalam kondisi aman.

Meski begitu, pihaknya masih terus berbenah. Sistem perawatan terhadap pasien terus dimaksimalkan. Sebab, walaupun tidak mengharapkan, lonjakan kasus secara tiba-tiba bisa kembali terjadi. Karena itu, kewaspadaan tetap dilakukan.

Bagikan berita ini:
1
2
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar