Antara Melawan Virus dan Kelaparan

Sabtu, 24 Juli 2021 11:28

Ibnu Hadjar Yusuf

Oleh: Ibnu Hadjar Yusuf

Dosen Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Pemerintah terus berupaya menekan laju penyebaran pandemi Covid-19, termasuk juga berikhtiar mengurai dampak yang disebabkan wabah ini.Baik secara ekonomi maupun secara sosial. Diperlukan kekompakan kita semua dari rakyat agar ikhtiar dan upaya ini dapat berjalan dengan baik.

Wabah ini bukanlah keinginan kita semua. Juga bukanlah planning yang dibuat pemerintah sebagaimana yang tuduhkan para konspirator yang tidak memiliki hati nurani. Melainkan sebuah bencana yang hanya bisa diakhiri dengan kesadaran dari setiap individu.

Kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah sedemikian rupa mulai teknis hingga yang taktis. Pemerintah pusat maupun daerah secara terus-menerus berusaha semaksimal mungkin menekan dan mengamputasi penyebaran virus. Mulai dari hulu hingga ke hilir. Kecepatan gerak pemerintah berpacu dengan kecepatan penyebaran dan penularan virus. Jika pemerintah lamban, Covid-19 yang akan menang. Jika pemerintah lebih cepat, maka virus dalam waktu tidak lama akan segera hilang.

Dengan kata lain, saat ini kita bangsa Indonesia sedang “perang”, perang melawan wabah. Semua warna negara harus ikut dan ambil bagian dalam perang ini, caranya bukan dengan angkat senjata atau memimpin pasukan tempur, melainkan cukup dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan segera melakukan vaksin.

Bagikan berita ini:
1
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar