Mantan Kapolri Turun Tangan Cek Penyaluran Bansos, Ini yang Ditemukan

Sabtu, 24 Juli 2021 11:12

mendagri-tito-karnavian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turun gunung mengecek daerah yang penyaluran anggaran bansos dan realisasi anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19-nya yang dinilai masih rendah.

Tito menjelaskan, Covid-19 tidak mungkin dihilangkan sama sekali. Pasalnya, daerah-daerah Indonesia, terutama di Pulau Jawa, tidak ada batas alamnya, hanya dipisahkan oleh batas administrasi.

Dengan kondisi geografis seperti itu, ditambah lagi jumlah penduduk yang besar, membuat interaksi sosial sulit untuk dihindari.

Menurut mantan Kapolri itu, penanganan pandemi Covid-19 yang andal di daerah penyangga akan menunjang pengendalian pandemi di ibu kota negara.

“Kalau kurang terkendali di daerah penyangga ini, ini akan berpengaruh kepada pengendalian di ibu kota,” ujar Tito, Jumat (23/7/2021).

Terkait bansos, di tengah kebijakan PPKM ini, semua pemda diharapkan segera menyalurkan alokasi APBD yang dapat digunakan untuk pemberian bansos kepada masyarakat yang terdampak pandemi dan PPKM.

Pemda memiliki anggaran seperti mata anggaran bansos yang bersifat reguler, Belanja Tidak Terduga (BTT), maupun melalui realokasi mata anggaran lainnya yang berpotensi tidak dapat terserap secara maksimal.

Bagikan berita ini:
1
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar