Pemerintah Diminta Bersiap Hadapi Kemungkinan Datangnya Gelombang Covid Lebih Mematikan

Minggu, 25 Juli 2021 12:14

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Tedros A. Ghebreyesus belum lama ini mengingatkan tentang kemungkinan datangnya gelombang Covid yang mematikan.

Hal ini patut menjadi perhatian serius sejumlah negara, terutama Indonesia yang disinyalir berpotensi menjadi episentrum kasus covid global baru, menyusul India.

Prof. Tasrief Surungan, Guru besar Fisika Teoretik FMIPA Universitas Hasanuddin Makassar menyampaikan, ada pola sistematis dari urutan negara-negara yang telah mencatatkan rekor jumlah kasus, yaitu negara dengan penduduk paling besar.

Penyataan tersebut cukup beralasan, kenapa? Sebab dari pola yang kita lihat, semua negara dengan jumlah penduduk paling besar secara singnifikan menjadi penyumbang jumlah kasus paling besar.

Kita tahu, pada gelombang pertama, yaitu Desember Tahun 2019 hingga awal 2020, China menjadi penyumbang jumlah kasus paling besar secara global.

China adalah negara dengan jumlah penduduk paling banyak, sekitar 1,4 miliar. Pergeseran gelombang kemudian mencapai Amerika Serikat, dimana secara konsisten meningkat hingga mencapai puncak pada Desember 2020.

Bagikan berita ini:
5
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar