PPKM Level 4, Kadin Sulsel Minta Sektor Industri Dilonggarkan

Senin, 26 Juli 2021 22:56

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pembatasan akibat penerapan PPKM membuat sektor usaha terpukul. Pelaku usaha pun minta pelonggaran pembatasan, terutama sektor industri.

Wakil Ketua Bidang Industri Kesehatan dan Telemedicine Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Syafruddin Mualla mengatakan pembatasan hingga penyetopan operasi sementara telah membuat produksi berjalan tidak maksimal. Banyak yang terdampak.

“Banyak ritel yang tutup, hotel berhenti beroperasi, UMKM gulung tikar, dan pendapatan negara berkurang, bahkan sudah banyak pekerja dirumahkan,” ujarnya di Makassar, Senin (26/7/2021).

Mualla menegaskan bahwa Kadin akan tetap mendukung langkah pemerintah untuk memaksimalkan upaya pengendalian lonjakan kasus Covid-19 yang masih sangat tinggi.

Akan tetapi, Kadin menginginkan agar dalam penerapan PPKM, beberapa sektor industri perlu diberikan kelonggaran. Pasalnya, sektor-sektor tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian negara.

“Sektor industri esensial, kritikal dan ekspor oriented itu harus tetap beroperasi 100 persen dengan catatan prokes yang ketat diterapkan, dan sudah melakukan vaksinasi,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, pihaknya juga mendorong agar pemerintah pusat membuat sentra vaksinasi di tiap industri, dalam upaya mempercepat pembetukan herd immunity di Indonesia.

Bagikan berita ini:
10
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar