Sejak Pandemi Covid-19, Cerai ASN Naik

Senin, 26 Juli 2021 11:46

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Angka perceraian ASN naik selama pandemi. Didominasi kalangan guru.

Data yang diperoleh FAJAR dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar menunjukkan angka cerai aparatur sipil negara (ASN) yang terus terkerek naik.

Keputusan pemberian izin cerai terhadap ASN terus bertambah setiap tahun. Pada 2017, misalnya, terdapat 26 ASN yang memperoleh keputusan pemberian izin cerai.

Lalu, pada 2018 ada 13 ASN, 2019 ada 27 ASN, dan 2020 ada 35 ASN. Sementara untuk 2021 ini, telah ada belasan orang, namun angkanya belum direkap semua.

Kepala Bidang Kinerja dan Penghargaan BKPSDM Makassar Munandar memprediksi akan bertambah hingga akhir tahun. Apalagi, tiap bulan paling kurang dua ASN yang mengajukan permohonan.

“Sebenarnya ini bukan resmi bercerai. Ketentuannya, PNS itu wajib melaporkan perkawinan, perceraian, melahirkan, jumlah tanggungan anak,” kata Munandar kepada FAJAR, pekan lalu.

“Jadi hal-hal yang menyangkut dengan teknis kepegawaian, juga karena masuk dalam tunjangan. Begitu pula perceraian, jika berpisah, maka harus dikeluarkan tunjangannya,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
6
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar