Peningkatan Covid-19 di Luar Jawa, Ketua Tim Mitigasi PB IDI Ingatkan Ini

Selasa, 27 Juli 2021 21:12

TUGAS MULAI: Sejumlah tenaga kesehatan menangani Covid-19 yang baru tiba di IGD RSUD Kota Bekasi, Jawa Barat, kemarin (1...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kasus COVID-19 secara perlahan telah mengalami penurunan di Pulau Jawa. Namun terjadi peningkatan di beberapa wilayah di luar Pulau Jawa.

“Kalau kita lihat turunnya kasus ini bukan hanya di Jakarta. Kami dapat laporan turunnya kasus juga ada di wilayah di Semarang, Kudus, Pati, Rembang turun,” kata Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi di Jakarta, Selasa (27/7).

Dia mencontohkan bagaimana tingkat ketersediaan tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) di Semarang mengalami penurunan yang sempat terisi 92 persen. Kini, berada di kisaran 66 persen.

Sementara di Jakarta, BOR menjadi 76 persen dengan BOR ICU menjadi 85 persen. IDI, lanjutnya, juga mendapatkan laporan penurunan BOR di Bekasi dan Tangerang. Namun, masih ada daerah yang mengalami peningkatan. Seperti di Yogyakarta dan Surakarta.

Adib memperingatkan adanya peningkatan kasus di luar wilayah Pulau Jawa. “Sudah melangkah pada peningkatan kasus di luar Jawa. Seperti Jambi, Palembang, Kalimantan Selatan, Kendari. Peningkatan kasus di beberapa wilayah yang sudah dilaporkan,” paparnya. (fin)

Bagikan berita ini:
1
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar