Satgas Covid-19 Klaim Kasus Mingguan di Pulau Jawa dan Bali Turun 24 Persen

Selasa, 27 Juli 2021 22:45

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terjadi penurunan kasus mingguan di Pulau Jawa dan Bali. Angkanya sebesar 24 persen. Para kepala daerah diminta lebih kerja keras menekan angka penularan.

“Jika dilihat pada provinsi di Pulau Jawa-Bali yang menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 3 dan 4, terlihat ada penurunan kasus mingguan sebesar 24 persen. Ini setelah sebelumnya terjadi peningkatan selama dua minggu saat masa PPKM Darurat,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (27/7).

Namun, untuk provinsi non Jawa-Bali, masih terjadi kenaikan kasus sebesar 3,6 persen. Kenaikan ini tidak setinggi pada minggu sebelumnya sebesar 53 persen.

“Kenaikan ini dikontribusikan oleh Kalimantan Timur dengan jumlah kasus sebesar 10.297 kasus. Lalu, Sumatera Utara 7.528 kasus, Riau 5.999 kasus, NTT 5.904 kasus, dan Sulawesi Selatan 5.010 kasus,” jelasnya.

Meskipun kasus menunjukkan penurunan, pemerintah tidak bisa terburu-buru melakukan pembukaan. Diperlukan kehati-hatian dan persiapan yang matang.

“Pperpanjangan PPKM tetap dilakukan untuk melihat apakah penurunan ini dapat konsisten dan dipertahankan. Selain itu, untuk memperbaiki kasus kematian yang masih meningkat,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
4
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar