Kekerasan Prajurit TNI kepada Warga, Mahfud MD: Pokoknya Pendekatannya Harus Humanis

Rabu, 28 Juli 2021 17:40

Menko Polhukam, Mahfud MD.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengingatkan kepada prajurit TNI agar melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat. Apabila terjadi kekerasaan seperti yang terjadi di Merauke Papua, maka akan ditindak tegas.

“Itu sudah ditangani oleh KSAU. Sudah ditindak. Pokoknya pendekatannya harus humanis, persuasif, dialogis, dan restorative justice,” kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (28/7).

Mahfud memastikan, TNI AU akan memberikan sanksi kepada anggotanya yang berbuat anarkis kepada rakyat. Saat ini proses hukum tengah berjalan kepada kedua pelaku.

“Yang melanggar cara pendekatan itu ya ditindak. Dan itu sudah dijelaskan oleh KSAU,” jelas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Sebelumnya, aksi kekerasaan dilakukan oleh 2 oknum anggota TNI Angkatan Udara (AU) di Merauke, Papua. Mereka terlihat menginjak seorang warga asli Papua setelah terjadi perselisihan. Korban diduga mengidap gangguan bicara atau tunawicara.

Peristiwa ini terekam oleh sebuah video pendek. Dalam tayangan terlihat jika korban sedang beradu mulut dengan warga lainnya. Tak lama dari itu dua oknum TNI AU menghampiri korban.

Bagikan berita ini:
3
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar