Vaksin Terbatas, Eri Cahyadi: Dalam Satu Hari Vaksinasi Bisa Mencapai 50 Ribu

Rabu, 28 Juli 2021 17:43

SUNTIK: Petugas kesehatan memberikan pelayanan suntik vaksin dosis pertama kepada warga di teras kantor Kelurahan Karah,...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Pemkot Surabaya harus mengatur strategi dalam penggunaan vaksin Covid-19. Sebab, ketersediaan vaksin di Kota Pahlawan terbatas. Pemkot pun memprioritaskan vakasinasi untuk pekerja dan instansi tertentu.

Dari data pemkot, jumlah vaksin yang tersedia berkisar tiga ribu dosis hingga Selasa (27/7). Tapi, vaksin itu tidak bisa seketika digunakan. Sebab, peruntukannya sudah ditetapkan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, pemakaian tiga ribu vaksin tersebut direncanakan untuk imunisasi pekerja serta instansi tertentu. ’’Sehingga untuk vaksinasi anak berhenti dulu. Menunggu tambahan vaksin,’’ ucapnya.

Untuk mendapatkan vaksin, pemkot mengajukan tambahan. Eri menjelaskan, setiap minggu pihaknya bersurat ke Pemprov Jatim. ’’Setiap minggu kami mendapatkan 3 ribu–5 ribu vaksin. Namun, dalam hitungan hari habis,’’ jelasnya.

Misalnya, minggu lalu pemkot mendapatkan tambahan vaksin dari Pemprov Jatim sebanyak 3 ribu dosis. Instansi lain juga ikut serta membantu pemkot. TNI dan Polri turut mempercepat imunisasi.

Suami Rini Indriyani itu berharap, tambahan vaksin segera turun. Dengan demikian, pemkot bisa secepatnya menggeber imunisasi. Targetnya, sebelum akhir tahun, Kota Pahlawan sudah mencapai herd immunity.

Bagikan berita ini:
4
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar