Hanya 6,1 Persen Pasien Covid-19 Dirawat di RS, Luhut Panjaitan: Situasi di DIY Bisa Menjelaskan Mengapa Angka Kematian Tinggi

Kamis, 29 Juli 2021 22:39

Luhut Panjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan membeberkan data terkait perawatan pasien Covid-19 di RS di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Luhut mengatakan provinsi tersebut memiliki persentase terendah terkait perawatan RS untuk pasien Covid-19 di antara seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Dia menyebutkan terungkap data bahwa hanya 6,1 persen pasien Covid-19 yang mendapatkan perawatan di RS.

“Padahal secara umum bisa mencapai sampai 20 persen pasien yang butuh dirawat di rumah sakit, sehingga situasi yang terjadi di DIY bisa menjelaskan mengapa angka kematian itu tinggi,” beber Luhut dalam Rakor Penanganan Covid Daerah Istimewa Yogyakarta, virtual di Jakarta, Kamis (29/7).

Lebih lanjut, eks Menko Polhukam itu mengungkapkan bahwa dari 34.732 kasus aktif di DIY hanya 2.115 pasien Covid-19 yang dirawat di RS. Selain itu, Menko Luhut juga menyebutkan bahwa angka kematian di provinsi itu terus meningkat sejak kapasitas tempat tidur RS (BOR) menembus angka hampir 80 persen.

Bagikan berita ini:
5
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar