Kabar Terbaru Ibadah Umrah, Simak Penjelasan Dirjen PHU Kemenag

Kamis, 29 Juli 2021 10:05

Plt Dirjen PHU Kemenag, Khoirizi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Arab Saudi berencana mulai membuka penerbangan umrah pada 10 Agustus mendatang. Hanya saja, ada 9 negara yang dikecualikan termasuk Indonesia.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Khoirizi menuturkan terkait keputusan pelaksanaan umrah, pihaknya tidak berkapasitas untuk mengambil keputusan langsung karena skema ibadah umrah berbeda dengan ibadah haji.

Pemerintah hanya berperan sebagai support untuk segera melakukan mitigasi terkait adanya surat edaran pemerintah Arab Saudi.

“Jadi kami hanya menyampaikan kondisi yang ada. Terkait kebijakan terbaru penerbangan internasional Arab Saudi dan kebijakan penyelenggaraan umrah. Edaran itu nanti akan didiskusikan bersama agar dijadikan rujukan bersama,” ungkapnya, Kamis (29/07/2021).

Namun, surat edaran ini akan dibahas bersama dengan semua pihak terkait terutama dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Ibadah umrah ini wisata rohani yang bersifat Bussiness to Bussiness (B to B) atau swasta. Berbeda dengan haji yang urusannya itu Government to Government (G to G).

“Jadi kita akan duduk bersama dengan semua pihak nanti untuk berdiskusi terutama dengan travel-travel. Agar ada cara pandang yang sama nanti. Apakah ibadah umrah ini tetap diselenggarakan atau tidak ? Kita harus bahas bersama,” tukasnya.

Bagikan berita ini:
8
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar