Polri Sikat 8 Pelaku Pinjol, Ribuan Sim Card Ikut Disita

Kamis, 29 Juli 2021 20:27

pinjaman online (ilustrasi).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Delapan orang pelaku pinjaman online (pinjol) ditangkap polisi. Aksi yang mereka lakukan telah merugikan warga.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Ditipideksus) Brigjen Pol Helmy Santika mengatakan pengungkapan kejahatan pinjaman online (fintech)kali ini adalah pinjol berkedok koperasi dengan nama Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Cinta Damai. Penangkapan para pelaku berawal dari laporan masyarakat yang telah dirugikan oleh kejahatan pinjol.

“Para pelaku ditangkap di tiga lokasi berbeda, yakni dua ditangkap di Kota Medan Sumatera Utara, berinisial Dea dan Andre, keduanya merupakan penagih utang (debt collector) yang bekerja kepada KSP Cinta Damai,” terangnya, Kamis (29/7).

Seorang pelaku lagi, lanjutnya, bernama Christopher. Dia ditangkap di Tangerang Selatan, Banten. Pelaku berperan sebagai pemberi perintah kepada debt collector untuk melakukan penagihan kepada peminjam dengan cara-cara mengancam, menistakan dan memfitnah lewat pesan berantai.

Lima pelaku lainnya ditangkap di Jakarta Barat. Mereka adalah Elroy, Benedictus, Alfonsius, Sidharta, dan Rizky. Mereka bertugas sebagai operator kartu SIM ponsel.

Bagikan berita ini:
2
7
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar