Selamat Ultah Alwi Hamu, 77 Tahun

Kamis, 29 Juli 2021 15:18

Alwi Hamu dan Syamsu Nur

Catatan: Syamsu Nur

Bagaimanapun dalam usia 77 tahun, Alwi Hamu tetap dicatat sebagai tokoh pers nasional. Sejak mahasiswa Fakultas Teknik Unhas, sudah menjadi Ketua Ikatan Pers Mahasiswa.

Sekitar tahun 1966 mendirikan koran KAMI SULSEL dengan perjuangan yang sangat berat. Hanya karena mental yang kuat yang dimiliki Alwi Hamu membuat Koran KAMI Sulsel, menjadi koran yang diperhitungkan. Koran yang menyuarakan kebenaran dan keadilan yang konsekuen dan independen.

Kondisi percetakan di Sulsel waktu itu sudah mulai kewalahan kualitas. Alwi ke Muntilam, Jawa Timur membeli huruf timah beberapa kilogram. Dengan huruf yang disusun secara manual, huruf dipungut satu persatu dari case atau kotak huruf. Karena itu, ada istilah huruf undercase dan uppercase atau huruf capital.

Kondisi kesehatannya sekarang mengharuskan Alwi Hamu di kursi roda karena penyakit stroke yang dideritanya sejak setahun lalu. Namun semangatnya mengembangkan pers tidak pernah hilang dari pikirannya.

Ada di pikirannya bahwa koran cetak kertas tidak akan mati. Paling seratus tahun kemudian. Karena itu, ketika ada berita bahwa koran cetak mulai gulung tikar di Eropa dan banyak percetakan yang tutup, maka saya ditugaskan ke Eropa memboyong sejumlah mesin cetak fourhigh, mesin cetak bersusun empat yang bisa timbal balik berwarna.

Bagikan berita ini:
6
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar