Selamat Ultah Alwi Hamu, 77 Tahun

Kamis, 29 Juli 2021 15:18

Alwi Hamu dan Syamsu Nur

Maka saya ke Inggris, di kota Manchester, kota sepakbola untuk membeli percetakan. Ternyata di sana ada gudang yang sudah berderet mesin cetak bekas, tetapi sudah tergolong modern yang dibungkus plastik, siap untuk dijual.

Saya langsung tanda tangan kontrak beberapa mesin cetak merek Goss Community. Mesin cetak produksi Jerman yang sudah terkenal di Indonesia.

Kemudian saya ke Belanda, dekat kota Amsterdam, mengunjungi percetakan yang sudah mau tutup. Seluruh isi percetakan itu, baik mesin cetak dan beberapa perlengkapan lainnya kami borong, segera dibongkar dan dimasukam dalam kontainer.

Dari mesin bekas Eropa itu kemudian dibagi-bagi ke beberapa kota di Indonesia Timur. Akhirnya beberapa kota seperti Kendari, Ambon, Kupang, Mamuju, Palopo, sudah terbit koran dengan mesin cetak berwarna sendiri. Terbit pada saat di Eropa, mesin cetak warna sudah mulai digudangkan, tidak operasional lagi.

Sekarang, bagaimana kiat Alwi Hamu agar tetap eksis, maka dilakukan konvergensi media. Penggabungan antara media cetak kertas dan media elektronik. Dan inilah yang terjadi. Ide ini diterapkan Alwi Hamu untuk seluruh Indonesia.

Bagikan berita ini:
8
2
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar