Selamat Ultah Alwi Hamu, 77 Tahun

Kamis, 29 Juli 2021 15:18

Alwi Hamu dan Syamsu Nur

Beliau masih ketua SPS, Serikat Penerbit Pers seluruh Indonesia. Itulah ide yang berjalan sekarang, dan koran tetap bisa mempertahankan hidupnya. Meskipun ada media cetak yang sudah kewalahan.

Alwi Hamu yang sering ke Taiwan, dimana wilayah itu sudah lama koran cetak sudah pada berhenti terbit, kembali pemerintah Taiwan menganjurkan agar koran cetak dihidupkan kembali. Sebab, banyak anak sekolah yang cepat rusak matanya terkena radiasi komputer.

Lebih 50 tahun saya bersama Alwi Hamu, jiwa kepemimpinannya, kecintaannya kepada dunia pers, sangat tertanam kuat pada dirinya. Maka ketika Gedung Fajar dirancang didirikan, konsep utamanya harus ada hasil perjuangan pers. Maka gedung Fajar pun diberi nama Gedung Graha Pena yang pada puncaknya ada lambang Pena yang kokoh.

Konstruksi Pena itu dari baja. Konstruksi Pena di puncak Gedung Graha Pena adalah kontruksi baja yang tahan angin kencang. Biaya konstruksi Pena pada waktu itu, tahun 2007, adalah Rp1,5 miliar.

Banyak pengusaha lain yang tercengang melihat gedung Graha Pena itu. Dibenaknya, “kok penjual koran bisa bikin gedung tinggi seperti itu.”

Bagikan berita ini:
5
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar