Dua Tahun Pandemi, Sektor Properti Masih Bisa Bernafas

Jumat, 30 Juli 2021 10:50

ABE BANDOE/FAJAR PRIMADONA. Calon pembeli mengunjungi rumah contoh CitraLand Tallasa City (CLTC), beberapa waktu lalu. ...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Serapan investasi di Sulsel begitu besar. Realisasinya hingga semester I 2021 telah mencapai Rp10,43 triliun.

Pencapaian ini jauh lebih besar dari capaian periode sama tahun lalu sebesar 4,72 triliun. Bahkan telah melampaui target tahun ini sebesar Rp8 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulsel, Jayadi Nas, mengatakan, serapan investasi yang masukke Sulsel didukung Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp8,30 triliun. Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) hanya Rp2,13 triliun.

Penyumbang terbesar didukung oleh sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran yang mencapai Rp3,65 triliun. Kontribusinya mencapai 35 persen. Kemudian disusul di sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp2,95 triliun dengan kontribusi 28 persen. Juga sektor pertambangan Rp1,27 triliun atau 12 persen.

Menurut lokasi, Jayadi, menjelaskan, wilayah investasi terbesar masih didominasi di Kota Makassar mencapai Rp6,51 triliun atau kontribusinya mencapai 63 persen.

“Terbesar di sektor transportasi yakni Makassar New Port (MNP) dan sektor perumahan oleh Yasmin Ciputra,” papar mantan Ketua KPU Sulsel ini, Kamis, 29 Juli.

Bagikan berita ini:
2
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar