Antisipasi Penipuan Plasma Konvalesen, Ini yang Dilakukan Polisi

Sabtu, 31 Juli 2021 09:27

DICARI: Kebutuhan akan plasma konvalesen yang meningkat semasa pandemi memicu aksi penipuan dan calo di media sosial. (I...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jatim turun tangan terkait adanya penipuan dan calo plasma konvalesen yang ditemukan Palang Merah Indonesia (PMI) Jatim. Dalam aksinya pelaku penipuan memanfaatkan media sosial (medsos) untuk menipu korban.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman mengatakan, Tim Subdit V Siber telah bergerak melakukan patroli siber di media sosial. “Kami telah mengerahkan Subdit V Siber melakukan patroli siber untuk antisipasi kasus tersebut,” ujar Farman kepada wartawan, Kamis (29/7).

Perwira menengah dengan tiga melati di pundaknya ini meminta masyarakat yang menjadi korban penipuan segera melapor ke polisi. Ia juga berharap masyarakat tidak mudah percaya bila ada pihak yang membantu mendonorkan plasma konvalesen dan meminta tebusan uang dengan jumlah fantastis. “Masyarakat harus hati-hati jika ada pendonor yang meminta sejumlah uang dan laporkan jika menemui modus penipuan ini,” pintanya.

Baca juga: Calo Plasma Konvalesen Manfaatkan Medsos untuk Cari Pembeli

Sebelumnya PMI Jatim menerima laporan penipuan dari Sidoarjo belum lama ini. Orang yang membutuhkan plasma konvalesen diminta untuk mentransfer sejumlah uang. Namun setelah uang dikirim, tidak ada pendonornya.

Bagikan berita ini:
6
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar