Kasus Kredit Fiktif Siap Disidangkan

Sabtu, 31 Juli 2021 13:21

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel) segera melimpahkan dua perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Pelimpahan tersebut rencananya bakal dilakukan pada Agustus.

Satu dari dua kasus yang akan dilimpahkan adalah dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) kredit fiktif oleh Bank Sulselbar Cabang Utama Bulukumba. Kasus kedua adalah penerbitan sertifikat di kawasan Hutan Produksi Terbatas Mapongka, Kecamatan Mangkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Berdasarkan keterangan Kapala Seksi Penuntutan (Kasitut) Kejati Sulsel, Adnan Hamzah, saat ini pihak jaksa penuntut umum (JPU) tengah melakukan perampungan dakwaan terhadap dua perkara tersebut. Setelah itu, barulah berkas dakwaan tersangka dilimpahkan ke PN Makassar.

“Targetnya sih akhir bulan Juli ini atau paling lambat awal Agustus lah dilimpahkan ke PN Makassar. Kami usahakan secepatnya,” ujar Adnan, Jumat 30 Juli.

Sementara Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sulsel, Idil mengatakan, dalam perkara tersebut, penyidik sudah melakukan penyitaan aset tersangka. Khusus untuk perkara uang kredit fiktif yang dilakukan Bank Sulselbar, aset yang disita oleh penyidik berupa dua unit mesin percetakan digital dan satu mesin peracik kopi dengan nilai total sebesar Rp2 miliar.

Bagikan berita ini:
6
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar