Karikatur Nabi Dianggap Kebebasan Berekspresi, Giliran Dirinya Digambarkan, Macron Marah Sebut Penghinaan

Minggu, 1 Agustus 2021 15:21

FAJAR.CO.ID — Pemilik papan reklame, Michel-Ange Flori, digugat oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Pasalnya, pada papan reklame itu, dia menggambarkan Macron sebagai Adolf Hitler. Reklame itu digunakan pemilik sebagai bentuk protes pembatasan COVID-19.

Pengacara pribadi Macron dan partainya kini telah mengajukan gugatan hukum yang menuduh bahwa penggambaran itu adalah penghinaan publik.

Gugatan Macron menjadi ironi, lantaran ia membela media Prancis yang menerbitkan kartun Nabi Muhammad dengan dalih kebebasan berekspresi.

Flori menggunakan beberapa billboard-nya untuk apa yang disebutnya sebagai latihan sindiran politik dengan mengunggah gambar Presiden Emmanuel Macron berpakaian seperti Adolf Hitler.

Macron, kata Flori, bisa saja melihat sindiran wajahnya dengan kumis khas sebagai Hitler. Namun dirinya mengaku juga bisa menganggap gambar tersebut sebagai Stalin atau Charlie Chaplin di film The Dictator.

“Poster-poster ini bertujuan untuk mempertanyakan demokrasi, di mana keputusan diambil tanpa diskusi di dewan kesehatan,” jelasnya.

Menurut Flori, dirinya akan dipanggil pihak kepolisian Toulon untuk memberikan keterangan menyusul pengaduan Macron.

Bagikan berita ini:
8
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar