Kemenkumham Sulsel Sosialisasikan RANHAM Generasi Kelima dan Kriteria Kab/Kota Peduli HAM

Minggu, 1 Agustus 2021 18:48

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sosialisasikan Rencana Aksi Nasional HAM (RANHAM) dan KKP HAM pada kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kota Makassar di Hotel Horison Makassar.

Kepala Bidang HAM Utary Sukmawati Syarief hadir sebagai Narasumber yang mewakili Kepala Kantor Wilayah menyampaikan terkait RANHAM Generasi V yang perkembangannya saat ini menunjukkan kemajuan.

“Sejumlah catatan memang ada dan perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja dari instansi dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM,” Kata Utary.

Utary menjelaskan ada sembilan aksi ham dengan empat kelompok sasaran Ranham yakni pada kelompok sasaran perempuan yaitu kebijakan pelaku usaha yang memuat perlindungan hak ketenagakerjaan perempuan, meningkatkan kesadaran dan kapasitas pekerja sosial yang profesional, optimalisasi layanan bantuan hukum bagu perempuan, anak dan lainnya serta pemberian layanan kesehatan.

Aksi HAM pada kelompok sasaran Anak yakni meningkatnya layanan pemberian dokumen kependudukan, layanan pendidikan, dan Layanan kesehatan. Kemudian pada sasaran penyandang disabilitas yakni terpenuhinya layanan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas serta aksi ham pada sasaran kelompok masyarakat adat yaitu pengakuan dan perlindungan masyarakat adat.

Bagikan berita ini:
10
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar