Mampu Deteksi Covid-19 Varian Baru, Laboratorium Milik Pemkot Makassar Tunggu Izin Operasi

Minggu, 1 Agustus 2021 18:31

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar kini merampungkan pembangunan laboratorium pemeriksaan Covid-19 di RSUD Daya.

Kabar baiknya, laboratorium ini mampu mendeteksi Covid 19 varian baru, seperti, varian Inggris (B.1.1.7), varian India (B.1.6.1.7), varian Afrika Selatan (B.1.3.5.1), dan varian (B.1.5.2.5).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyebut, laboratorium ini disiapkan untuk mendeteksi hingga 1200 sampel Swab PCR per hari dan akan beroperasi selama 24 jam.

“PCR biasa, kalau dia delta , tidak terdeteksi, dianggap negatif, tapi di sini, super sensitif, bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada corona virus ini,” ujar Danny, Minggu (1/8/2021).

Danny mengklaim, hadirnya Laboratorium BSL Level 2 ini menjadi yang kedua di Indonesia. Pasalnya selama ini pemeriksaan Covid 19 varian baru hanya dilakukan di Litbangkes Jakarta.

“Nah ini hal baru di Jakarta Pondok Inddah, kalau tidak salah, dengan di sini. Sehingga baru selesai namanya BSL Level 2, tadi kita sudah lihat, tinggal memang kami berharap ijin dari provinsi sebagai status lab bisa cepat keluar, agar ini bisa membantu,” beber Danny.

Bagikan berita ini:
5
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar