Korupsi Rp23 Miliar, Mantan Pejabat Kemenag Dituntut 2 Tahun Penjara

Selasa, 3 Agustus 2021 18:14

Hakim. Mantan Kepala Bagian Umum pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Undang Sumantri d...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Kepala Bagian Umum pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Undang Sumantri dituntut dua tahun pidana penjara dan denda Rp 100 juta subsider dua bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jaksa KPK meyakini, Undang Sumantri bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. selain itu Undang juga diyakini melakukan korupsi terkait sejumlah proyek pengadaan pada Kemenag yang merugikan keuangan negara hingga Rp 23 miliar.

“Menuntut, menyatakan terdakwa Undang Sumantri telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan kedua,” kata Jaksa KPK Heradian Salipi saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa (3/8).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda sejumlah Rp100 Juta subsidair kurungan pengganti selama dua bulan,” sambungnya.

Dalam menjatuhkan tuntutan, Jaksa KPK mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan, perbuatan Undang Sumantri dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Bagikan berita ini:
8
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar