Peneliti Singapura Temukan Kombinasi Obat untuk Mengobati Pasien Covid-19

Selasa, 3 Agustus 2021 17:11

Profesor Dean Ho memimpin para peneliti lain di Singapura menemukan kombinasi obat untuk melawan Covid-19 varian Delta (...

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA — Di tengah lonjakan kasus akibat Covid-19 varian Delta, peneliti Singapura membawa angin segar. Mereka berhasil menemukan kombinasi obat yang dapat digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan penyakit ringan hingga sedang.

Kombinasi obat ini juga menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam hal efektivitas melawan varian virus Beta dan Delta. Sebuah tim yang dipimpin oleh Direktur Institut Kedokteran Digital Universitas Nasional Singapura Profesor Dean Ho menggunakan platform kecerdasan buatan (AI) dan pengujian virus langsung untuk mendapatkan kombinasi obat yang optimal dengan dosis yang tepat untuk mengobati Covid-19.

Tim telah berkolaborasi dengan DSO National Laboratories untuk menyiapkan platform pada April lalu. Prof Ho mengatakan dosis obat membutuhkan tingkat presisi yang tidak dapat diturunkan secara sewenang-wenang.

Apa saja obatnya? Platform bernama Identif.AI itu telah mengidentifikasi obat kombinasi antara antivirus remdesivir, bersama dengan lopinavir dan ritonavir, yang merupakan obat yang digunakan untuk mengobati pasien dengan human immunodeficiency virus (HIV). Namun, meski efektif, tidak semua obat tersedia atau dapat dengan mudah diberikan di rumah.

Bagikan berita ini:
3
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar