Peneliti Singapura Temukan Kombinasi Obat untuk Mengobati Pasien Covid-19

Selasa, 3 Agustus 2021 17:11

Profesor Dean Ho memimpin para peneliti lain di Singapura menemukan kombinasi obat untuk melawan Covid-19 varian Delta (NUS/ST)

“Misalnya, remdesivir harus diberikan melalui infus (IV) di rumah sakit, sehingga sulit untuk digunakan di masyarakat di rumah,” kata Prof Ho, yang juga mengepalai Departemen Teknik Biomedis NUS, seperti dilansir Straits Times.

Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada obat-obatan yang tersedia atau didapat secara lokal yang dapat dikonsumsi secara oral. Salah satu kombinasi yang dihasilkan adalah duo dinamis yang terdiri dari obat antivirus baru Merck dan Ridgeback Biotherapeutic, molnupiravir, dikombinasikan dengan baricitinib, obat anti-inflamasi.

Prof Ho mengatakan kombinasi tersebut dapat sangat menghambat virus Sars-CoV-2 dalam uji laboratorium, sehingga cocok untuk evaluasi klinis lebih lanjut. Dia menambahkan temuan ini sangat tepat saat Singapura bergerak menuju situasi endemik Covid-19.

“Jadi kami mencari terapi kombinasi yang pada akhirnya dapat diberikan kepada pasien dengan penyakit ringan yang sedang dalam pemulihan di rumah, atau di fasilitas perawatan masyarakat,” katanya.

Beberapa kombinasi juga akan cocok untuk pasien rawat inap. Sehingga membantu mengalihkan perawatan dari rumah sakit ke dokter umum dan poliklinik.

Bagikan berita ini:
9
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar