Peneliti Singapura Temukan Kombinasi Obat untuk Mengobati Pasien Covid-19

Selasa, 3 Agustus 2021 17:11
Peneliti Singapura Temukan Kombinasi Obat untuk Mengobati Pasien Covid-19

Profesor Dean Ho memimpin para peneliti lain di Singapura menemukan kombinasi obat untuk melawan Covid-19 varian Delta (NUS/ST)

Kombinasi Obat Molnupiravir-Baricitinib

Obat-obatan tersebut dipilih melalui konsultasi dengan ahli penyakit menular dan ahli onkologi dari Pusat Nasional untuk Penyakit Menular, Kedokteran NUS dan Rumah Sakit Universitas Nasional (NUH). Sebanyak 12 obat termasuk berbagai antivirus dan obat kanker diuji dan diberi peringkat menurut kemanjurannya dalam menghambat virus Sars-CoV-2. Dalam waktu tiga minggu, tim telah mengidentifikasi kombinasi molnupiravir-baricitinib untuk kandidat pengobatan.

Konsultan senior di Divisi Penyakit Menular NUH dr Louis Chai, mengingatkan bahwa belum ada data dari uji klinis yang menunjukkan kombinasi obat efektif di semua fase penyakit Covid-19. Dia mencatat bahwa beberapa obat dapat mengurangi viral load Sars-CoV-2 pada pasien, tetapi mungkin tidak memperlambat perkembangan penyakit atau mencegah kematian.

Direktur laboratorium (Laboratorium Teknologi Molekuler Terapan) di Institut Penelitian Medis & Lingkungan Pertahanan dari DSO dr Conrad Chan, mengatakan molnupiravir sendiri efektif melawan virus Sars-CoV-2 serta varian Beta dan Delta. Dengan demikian, ini adalah kandidat obat ‘tulang punggung’ yang kuat.

Bagikan berita ini:
1
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar