Muhyiddin Yassin: Mosi Percaya Pada Saya akan Diajukan di DPR Ketika Parlemen Bersidang pada September

Rabu, 4 Agustus 2021 17:10

Kedua, Pasal 43 (4) yaitu: “Jika Perdana Menteri tidak lagi memiliki kepercayaan dari mayoritas anggota Dewan Rakyat, maka Perdana Menteri akan mengundurkan diri dari Kabinet kecuali atas permintaannya Parlemen dibubarkan oleh Yang di-Pertuan Agong”.

Sehubungan dengan itu, Muhyiddin mengatakan dirinya telah dipanggil untuk menghadap Yang di-Pertuan Agong pada Rabu (4/8) pukul 11.00 waktu Malaysia. “Dalam pertemuan tadi, saya sampaikan kepada Yang di-Pertuan Agong bahwa saya telah menerima sejumlah surat pernyataan dari anggota DPR yang menyatakan bahwa saya masih memiliki kepercayaan dari mayoritas anggota DPR,” katanya.

Demikian juga pengunduran dirinya berdasarkan Pasal 43 (4) Konstitusi Federal adalah non-konsekuensial atau tidak ada alasan. “Namun, saya juga menyadari posisi saya sebagai Perdana Menteri sering dipertanyakan,” katanya.

Karena itu, Muhyiddin menyampaikan pihaknya memberitahukan kepada Yang di-Pertuan Agong bahwa dirinya akan menentukan legitimasi sebagai Perdana Menteri di Parlemen. “Dengan cara ini, posisi saya sebagai Perdana Menteri dan Perikatan Nasional sebagai pemerintah yang berkuasa akan dapat ditentukan sesuai dengan hukum dan konstitusi,” katanya. Muhyiddin mengatakan Yang di-Pertuan Agong telah menyetujui usulnya.

Bagikan berita ini:
1
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar