Sekolah di Wilayah Kepulauan Makassar Kekurangan Guru

Rabu, 4 Agustus 2021 22:31

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Beberapa sekolah di Kepulauan Sangkarrang Makassar masih membutuhkan tenaga pendidik yang memadai.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Hasanuddin, mengatakan, daerah ini masih dianggap terpinggirkan utamanya menyangkut pendistribusian guru yang timpang dibanding daerah lain.

Ia menyebutkan, kualitas tenaga pendidik di daerah kepulauan masih jauh dari kata layak, khususnya tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih minim.

“Ini sudah menjadi masalah lama, jadi kita minta di pulau ini diberikan guru yang baguslah karena rata-rata sekolah kita ini ada yang kekurangan, utamanya tenaga ASN,” katanya.

Dia mengatakan total ada 15 sekolah, dengan rincian 8 SD, 3 SMP dan 2 sekolah satu atap (Satap) dan 2 SMA baik negeri maupun swasta yang tercatat di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Dengan ASN hanya sebanyak 50 orang. Jumlah tersebut menurutnya sangat minim.

Kata dia, beberapa sekolah bahkan hanya memiliki dua ASN untuk mengakomodir satu sekolah. Hasanuddin mengatakan, kepulauan setidaknya masih membutuhkan 50 tenaga pendidik untuk membuat kualitas pendidikan sekolah kepulauan bisa lebih baik.

Bagikan berita ini:
4
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar