Berkunjung ke Sumatera, Menteri BUMN dan Dirut BRI Komitmen Dukung UMKM Naik Kelas

Kamis, 5 Agustus 2021 17:08

IST

Baturaja, Sumatera Selatan – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha di segmen UMKM. Fokus BRI memberdayakan UMKM tersebut tidak terlepas dari kontribusi segmen ini pada perekonomian nasional, di mana 99 persen struktur ekonomi Indonesia berasal dari UMKM. Di samping itu, UMKM juga memberikan sumbangsih kepada PDB sebesar 60 persen dari total PDB Indonesia. 

Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan kerja Menteri BUMN RI Erick Thohir yang didampingi oleh Direktur Utama BRI Sunarso di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut Sunarso mengungkapkan bahwa saat pelaku UMKM semakin kuat, diharapkan ketahanan ekonomi nasional pun akan semakin kuat. Untuk itu, pihaknya menegaskan pelaku UMKM harus diedukasi. “Hal pertama yang perlu diedukasi adalah spirit entrepreneurship. Dengan demikian pelaku usaha memiliki semangat baja dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya”, terangnya.

Kedua, adalah edukasi pada kemampuan mengelola administrasi dan manajerial. Menurutnya, ketika pelaku usaha UMKM mampu tertib administrasi dan manajerial, bank pun akan berebut menawarkan jasa layanan keuangan. Adapun faktor ketiga yang harus diedukasi adalah aksesibilitas. Bagaimana pelaku usaha UMKM bisa mengakses informasi, teknologi, pasar, termasuk memperoleh permodalan.

Bagikan berita ini:
1
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar