Ingin Vaksin Tapi Tidak Punya NIK atau KTP, Begini Solusi Kemenkes

Kamis, 5 Agustus 2021 20:36

Ilustrasi-- Vaksinasi tahap ketiga untuk nakes di RSKD Dadi. (Ikbal/fajar)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebagian orang tidak bisa mengikuti vaksinasi karena tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Kependudukan (KTP). Namun, hal itu kini sudah dapat diatasi.

“Sekarang sudah kita fasilitasi. Artinya pelaksanaan vaksin dilakukan bersamaan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Saat warga akan mendapatkan vaksin, silakan datang ke sentra vaksinasi. Kalau memang belum punya NIK, akan dibuatkan,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Kamis (5/8).

Dengan langkah tersebut, vaksinasi bagi warga yang belum memiliki NIK dapat dilakukan. Nadia menjelaskan akan dilakukan pengaturan terkait pelaksanaan pemberian vaksin tanpa NIK.

“Kita akan koordinasikan dan akan dipusatkan. Khususnya bagaimana terkait pemberian NIK pada saat kita mendapatkan vaksinasi,” jelas Nadia.

Sebelumnya, Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan untuk memfasilitasi warga yang belum memiliki NIK mendapatkan vaksin COVID-19.

Bagikan berita ini:
2
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar