Wajib Baca! Mencengangkan, ini Khasiat Merica Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Senin, 9 Agustus 2021 14:33

Merica

FAJAR.CO.ID – lada atau yang sering juga disebut sebagai merica merupakan salah satu jenis bumbu dapur andalan untuk menyedapkan makanan yang sangat banyak di jumpai di pasar dan di supermarket.

Ternyata selain meningkatkan cita rasa pedas pada makanan, bumbu dapur  ini juga ternyata mengandung berbagai senyawa aktif yang rupanya dapat menyehatkan tubuh.

Merica atau lada merupakan jenis rempah yang kaya kandungan nutrisi serta kandungan kimia alami seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati yang baik untuk kesehatan . Satu sendok teh lada mengandung 6 kalori, 0,2 gram protein, 1,4 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat.

Tak hanya itu, lada juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B1, B2, B3, B6, serta vitamin K, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Dengan nutrisi inilah, tidak heran jika lada dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dengan mengonsumsinya, maka Anda bisa mendapatkan manfaat merica yang jarang diketahui. Apa saja manfaat lada hitam untuk kesehatan?

1. Demam dan Masuk Angin 

Merica juga rupanya mengandung agen antiseptik dandiuretik bernama minyak atsiri. Senyawa tersebut dapat digunakan sebagat obat penurun panas, menjaga suhu tubuh agar tetap normal, dan mengurangi demam.

Cukup tambahkan setetes minyak kemiri pada kain yang digunakan sebagai kompres dan suhu tubuh pun akan berkurang secara perlahan karena pori-pori keringat yang terbuka.

2. Meredakan Sakit Kepala 

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Merica dipercaya efektif mengobati sakit kepala. 

Bagikan berita ini:
7
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar