Nadiem Makarim: Kecintaan dan Kebanggaan Kita Atas Produk-produk Buatan Dalam Negeri Dapat Dibilang Cukup Rendah

Selasa, 10 Agustus 2021 18:24

PENUH TEROBOSAN: Kunjungan kerja Mendikbudristek Nadiem Makarim ke Papua Barat pada Rabu (17/2). Kebijakan Merdeka Belaj...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menuturkan, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional merupakan momentun optimisme rakyat Indonesia akan inovasi dalam negeri. Akan tetapi, faktanya kecintaan masyarakat pada produk anak bangsa masih sangat rendah.

“Hanya saja dalam perjalanannya kecintaan dan kebanggaan kita atas produk-produk buatan dalam negeri dapat dibilang cukup rendah,” terang dia dalam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2021, Selasa (10/8).

Nadiem Makarim menyampaikan masyarakat merasa kualitas produk dalam negeri masih kurang bersaing dengan produk impor. Di lain sisi, sebenarnya cukup banyak inovasi pelajar dan mahasiswa yang tidak mendapat tempat untuk bisa diproduksi oleh industri.

“Tantangan itulah yang sekarang menjadi salah satu prioritas Kemendikbudristek. Dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan mengedepankan semangat Merdeka Belajar yakni inovasi yang lahir dari kolaborasi,” ungkapnya.

Jadi dalam kebijakan Merdeka Belajar peserta didik adalah prioritas utama. Para pendidik pun harus memberikan kemerdekaan kepada pelajar untuk mencoba hal-hal baru untuk berinovasi.

Bagikan berita ini:
6
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar