Puskesmas Krisis Penganggaran, Pemkot Makassar Terkesan Kurang Perhatian

Selasa, 10 Agustus 2021 22:07

ILUSTRASI. Anggaran Covid-19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pihak Puskesmas di Makassar merasa kurang diperhatikan oleh pemerintah Kota Makassar.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Hadija Iriani mengakui, saat ini kendala terbanyak dihadapi oleh Puskesmas yaitu penganggaran.

“Kendala terbanyak itu anggaran, jadi memang dibutuhkan penganggaran, perhitungan itu mengacu pada usulan dari Puskesmas, lalu apakah dinas kesehatan membuka ruang untuk mereka memasukkan usulan,” bebernya, Selasa, (10/8/2021).

Ia menyebutkan, ada tiga poin yang menjadi kendala utama di Puskesmas, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, dan pendanaan.

“Saya kira ini masalah yang harus kita cari, dinas kesehatan harus membuka ruang, dan di pihak puskesmas juga harus mengusulkan yang proporsional dan rasional,” imbuhnya.

Senada dengan itu, salah satu pihak puskesmas, yakni Kepala Puskesmas Maccini Sawah, Adriati Arisakti, mengaku, dana di Puskesmas seringkali menjadi kendala.

“Karena kami di puskesmas tidak punya dana maintenance, jadi kami pakai biaya sendiri untuk menutupi. Memang akan ada bantuan dana, tapi belum keluar, jadi sambil menunggu kita tutupi dulu,” katanya.

Bagikan berita ini:
2
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar