Sepertiga Pasien Covid-19 Berstatus OTG, Banyak yang Sebarkan Virus

Minggu, 15 Agustus 2021 14:43

ILUSTRASI (IST)

FAJAR.CO.ID — Covid-19 semakin meluas karena banyak orang tak merasakan gejalanya ketika terinfeksi. Penelitian membuktikan banyak orang yang menyebarkan penyakit itu tanpa disadari karena tidak mengalami rasa gatal di tenggorokan atau demam.

Ini peringatan bahwa mereka berpotensi menyebarkan bahaya dari dalam. Membedakan mereka yang benar-benar tanpa gejala dari mereka yang hanya belum menunjukkan tanda-tanda virus atau masih dalam masa inkubasi, memang sulit.

Sekelompok peneliti medis AS pada lebih dari 350 penelitian telah menemukan lebih dari 35 persen dari semua infeksi Covid-19 tidak berlanjut ke fase gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (15/8/2021).

Mereka yang berstatus OTG umumnya tanpa demam, kehilangan penciuman, sakit tenggorokan, dan batuk. Dan mereka malas ke klinik, hanya sedikit orang yang repot-repot mengantre untuk tes.

Salah satu cara paling sederhana untuk menangkap penyebaran infeksi yang sebenarnya adalah dengan melakukan survei cross-sectional, mengambil sampel populasi secara acak untuk mendeteksi keberadaan virus terlepas dari kesehatan subjek. Sayangnya mengidentifikasi mereka yang mungkin memiliki gejala bukanlah tugas yang mudah.

Bagikan berita ini:
10
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar