Merdekakan Laut dari Sampah Plastik

Rabu, 18 Agustus 2021 10:36

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Momentum HUT Republik Indonesia ke-76 dirayakan dengan penuh suka cita di seluruh pelosok negeri. Gelaran upacara pengibaran bendera menjadi semangat untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Di tengah suka cita yang terpancar diraut wajah ibu pertiwi, masih banyak masalah serius yang perlu ditangani di negeri ini. Salah satu diantaranya adalah ancaman sampah terhadap ekosistem laut yang kian tinggi.

Masalah inilah yang menjadi konsen Cabang Dinas Kelautan (CDK) Maminasata dengan memperingati hari kemerdekaan dengan menggelar kegiatan Pantai Berseri (bersih pantai di dasar, permukaan dan pesisir). Kegiatan yang dipusatkan di Pulau Samalona Makassar ini turut dirangkaikan dengan upacara peringatan HUT RI ke-76 di dasar laut.

Plt Kepala CDK Mamminasata, Suhatono mengatakan sampah laut adalah sampah yang berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir ke laut atau sampah yang berasal dari kegiatan di laut. Dimana sampah tersebut didominasi plastik.

Ia menjelaskan sampah plastik memiliki senyawa polimer yang secara umum berdampak terhadap sektor ekonomi dan pariwisata, mengganggu kehidupan biota laut dan ekosistem pesisir dan kesehatan manusia.

Bagikan berita ini:
2
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar