Afghan 2.0

Kamis, 19 Agustus 2021 10:22

Disway

Oleh : Dahlan Iskan

SAYA tidak percaya ini: masak sih tidak ada satu pun mahasiswa yang tertarik mendalami soal Afghanistan. Padahal begitu banyak mahasiswa di universitas Islam di Indonesia. Lebih dari 200.000 orang.

Mungkin saya saja yang gagal mencari siapa ahli Afghanistan di sana. Tidak mungkin tidak ada yang tertarik mendalami masalah negara Islam yang begitu sering menjadi perhatian dunia.

Seorang profesor UIN minta saya agar menghubungi Profesor Khan –bukan nama sebenarnya. Beliau ahli. Ternyata juga bukan ahli Afghanistan. Hanya pernah ke Afghanistan. Itu pun 40 tahun yang lalu.

Pembaca Disway banyak yang menyebut nama Agustinus Wibowo. Ia pernah lama di Afghanistan. Bisa bahasa Pastun. Bisa Mandarin. Sering menulis tentang Afghanistan. Konon sekarang tinggal di Jember. Saya janji akan uber orang itu.

Menjadi wartawan di Amerika rupanya memang lebih mudah. Mereka punya ahli apa saja. Banyak sekali guru besar di Amerika yang ahli tentang Indonesia. Padahal apalah Indonesia di mata Amerika. Bahkan sampai ada yang ahli tentang Rhoma Irama. Ada juga yang ahli tentang wayang kulit.

Bagikan berita ini:
5
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar