Mencari Kader HMI yang Hilang

Jumat, 20 Agustus 2021 17:47

Mulawarman

Oleh: MulawarmanJurnalis, Mantan Pengurus HMI Cabang Makassar

Seorang mahasiswa semestar VI sebuah PTN di Makassar di Warkop Sitaba di samping Mall Pannakukang, Rabu malam lalu, serius bertanya ke penulis, apa itu HMI? Bukan pertanyaannya yang mendistraksi saya seketika, tapi senior anak saya di HMI Cabang Makassar yang kebetulan bersama anak saya bertemu dan ngopi di Warkop Sitaba itu, baru saja ikut LK3 bahkan dia peserta penuh Konfercab HMI Cabang Makassar yang sedang berlangsung di Asrama Haji Sudiang mulai hari ini.

Sungguh Lucu sekaligus memprihatinkan. Betapa ada mahasiswa yang telah mengikuti berbagai jenjang latihan dan kaderisasi, nyatanya dia tidak kenal dekat dengan organisasinya sendiri. Bagaimana mengharapkan “orang luar” mengenalnya secara baik, bila orang dalam pun tidak akrab dengannya.

Tidak kenal itu penyebabnya banyak. Bisa dari kadernya sendiri. Atau dari para pengurus organisasinya yang gagal menerjemahkan nilai-nilai ke-HMI-an dalam program dan kegiatan mahasiswa. Kalau terjadi pada kader sendiri yang tidak mengenal, itu personal sifatnya. Namun, bila sudah menyangkut organisasi, berarti ada problem dengan pengurusnya.

Bagikan berita ini:
8
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar