Raja Malaysia Tunjuk Ismail Sabri sebagai Perdana Menteri yang Baru Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 20:28

Ismail Sabri Yaakob menjadi Perdana Menteri Malaysia yang baru menggantikan Muhyiddin Yassin (Reuters)

FAJAR.CO.ID, PUTRA JAYA — Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah telah menunjuk Ismail Sabri Yaakob sebagai perdana menteri yang baru. Itu artinya dalam tiga tahun terakhir, kursi perdana menteri di Malaysia dijabat oleh tiga orang. Ismail Sabri menjadi perdana menteri ketiga Malaysia dalam kurun tiga tahun.

Ismail Sabri akan dilantik pada Sabtu (21/8) setelah menerima dukungan dari 114 anggota parlemen. Istana mengonfirmasi hal itu. Suara itu melebihi dari 111 yang dibutuhkan untuk suara mayoritas.

Sebelumnya, Muhyiddin Yassin mengundurkan diri pada Senin (16/8) setelah baru 17 bulan berkuasa. Muhyiddin telah kehilangan dukungan mayoritas di parlemen karena pertikaian dalam koalisi politik yang berkuasa.

Penunjukan Ismail Sabri, yang merupakan wakil perdana menteri di bawah Muhyiddin dan merangkap sebagai menteri pertahanan, bertujuan untuk menjaga koalisi yang berkuasa tetap utuh. Ismail Sabri merupakan Wakil Presiden UMNO. Hal ini sekaligus memberi tanda kembalinya UMNO ke tampuk kekuasaan politik Malaysia.

UMNO adalah partai dominan dalam koalisi yang memerintah Malaysia selama lebih dari 60 tahun. Tapi, kehilangan kekuasaan dalam pemilihan umum 2018 karena skandal keuangan yang melibatkan dana negara 1MDB.

Bagikan berita ini:
1
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar