Cerita Evakuasi WNI dari Afghanistan, Sempat Tertahan 2 Jam di Bandara Kabul

Sabtu, 21 Agustus 2021 10:28

Menlu RI, Retno Marsudi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pesawat TNI AU yang membawa 26 orang WNI dan sejumlah WNA dari Afghanistan membawa banyak cerita.

Tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (21/8) dinihari. Proses evakuasi sempat mengalami perubahan. Karena kondisi di lapangan.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menceritakan, evakuasi WNI sempat mengalami sedikit kendala. Proses dan rencana evakuasi sempat mengalami sejumlah perubahan akibat perkembangan situasi. Salah satunya armada yang akan digunakan.

“Awalnya, evakuasi direncanakan dilakukan menggunakan pesawat sipil. Namun demikian, di tengah jalan rencana tersebut harus kita sesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah,” ujar Retno.

Kata Retno, pasca koordinasi dengan Panglima TNI, diputuskan bahwa upaya evakuasi tersebut dilakukan menggunakan pesawat militer.

Proses evakuasi sendiri berlangsung pada 18 Agustus pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB. Pesawat evakuasi TNI AU berangkat dari Halim menuju Kabul. Dengan rute Jakarta-Aceh-Colombo-Karachi-Islamabad-Kabul.

Perencanaan awal, pesawat dirancang untuk bermalam di Islamabad. Alasannya, penerbangan dari kota tersebut ke Ibu Kota Afghanistan, Kabul, terbilang sangat pendek. Maksimal satu jam.

Bagikan berita ini:
7
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar