Novel Baswedan Cs Nonaktif, KPK Klaim Kinerja KPK Tak Terpengaruh

Selasa, 24 Agustus 2021 18:07

Ilustrasi pegawai KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengklaim, tidak lolosnya sejumlah penyidik dan penyelidik dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) tidak berpengaruh terhadap kinerja Kedeputian Penindakan dan Eksekusi KPK.

Menurut Alex, penyidik dan penyelidik yang tak lolos TWK tidak sampai 10 orang, sehingga diklaim tidak berdampak terhadap kinerja penindakan KPK.

Sementara itu, dari daftar nama 75 pegawai yang tak lolos TWK, lebih dari 15 penyidik dan penyelidik yang kini dinonaktifkan seperti Novel Baswedan, Yudi Purnomo Harahap, Harun Al Rasyid, Herbert Nababan, Budi Agung Nugroho, Andre Dedy Nainggolan, hingga Rizka Anungnata.

“Sebetulnya penyelidik yang tak lolos TWK itu tidak ada 10 orang. Artinya, enggak berdampak juga para penyidik yang enggak lolos kemudian dia tidak melakukan penyidikan itu,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (24/8).

Alex menyebut, kinerja KPK bidang penindakan banyak terkendala oleh pandemi Covid-19. Menurutnya, adanya pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tak banyak pegawai yang bisa bekerja dari kantor yakni 25 persen dari total pegawai. Sementara, kinerja penyidikan dan penyelidikan harus dilakukan secara tatap muka.

Bagikan berita ini:
1
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar