Pembangunan Ibu Kota Baru di Kaltim Tetap Lanjut, Jokowi dan Prabowo Sampaikan Ini

Selasa, 24 Agustus 2021 20:17

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto usai rapim dengan jajaran Kemenhan, di Jakarta. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tetap diteruskan. Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo. Kepala Negara menyebut agenda ibu kota baru tetap dalam rencana pemerintah.

“Kita melihat lebih detail lagi. Karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu. Karena nantinya untuk membawa logistik,” ujar Jokowi saat meninjau sodetan akses jalan menuju IKN di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Km 14, Selasa (24/8).

Seperti diketahui, IKN rencananya berlokasi sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Lokasi ini mengambil lahan bekas hutan tanaman industri seluas 256 ribu hektare. Selain itu, ditambah dengan kawasan cadangan. Totalnya mencapai 410 ribu hektar.

Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Saya dengan Pak Menhan serta Menteri PUPR melihat detail juga. Kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airportnya. Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan jauh lebih mudah untuk perencanaan,” jelas Jokowi.

Bagikan berita ini:
4
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar