Peti Jenazah Covid-19 Khusus Muslim, Sesuai Syariat Posisi Harus Menghadap Kiblat

Rabu, 25 Agustus 2021 23:03

Sanu bersama rekannya saat membuat peti jenazah covid-19 khusus muslim, Rabu sore (25/8/2021)

Sebelum masa pandemi, jenazah muslim tidak boleh dimakamkan dengan peti. Kemudian, saat pandemi melanda, jenazah yang terdeteksi meninggal akibat covid-19 diharuskan memakai peti. Tetapi sayangnya, peti yang umum dipakai, justru tidak sesuai syariat Islam. Di mana posisi jenazah menghadap ke atas, bukan menghadap ke kiblat.

Kegelisahan itu yang melandasi Muhammadiyah Disaster Manajemen Centre (MDMC) Kabupaten Gowa memproduksi peti mayat khusus bagi jenazah muslim yang terjangkit Covid-19. Peti mayat ini mereka produksi sejak Mei tahun 2020 lalu.

Menurut Ketua MDMC Gowa, Hasanuddin Wiratama M Nur, jika tetap memakai peti jenazah umum, akan sangat rumit untuk memiringkan jenazah menghadap kiblat. Sebab, ruang kosong pada jenazah terlalu lebar, maka dalam proses pengangkutan ke pemakaman dari rumah duka, posisi jenazah bisa saja berubah, dari awalnya miring berubah menjadi menghadap ke atas.

“Bahkan ada yang parah karena hanya diganjal kain pada bagian belakang punggung jenazahnya, justru jenazah berubah posisi menjadi telungkup. Posisi jenazah yang telungkup/tiarap dalam peti jenazah kan sempat viral di youtube,” urai Sanu, sapaan akrab Hasanuddin.

Bagikan berita ini:
4
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar