Nominator Desa Wisata dari Sulsel (1-)

  • Bagikan

Ara Rumah Para Ahli Pembuat Pinisi

Keindahan alam Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba memikat. Panorama alamnya memesona.

Akbar wahyudi

Bulukumba

Tiga desa menjadi wakil Sulsel pada iajang Anugrah Desa Wisata (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa Ara, Bulukumba, Desa Wisata Kole Sawangan, Toraja, dan Lembang Nonongan. Torut. Ketiga desa ini memiliki keunggulan di sektor wisata.

Salah satu pariwisata yang menjadi andalan Desa Ara adalah pantai Mandala Ria, pantai Pasir Putih, dan tempat para "Panrita Lopi" sebutan untuk para ahli pembuat kapal pinisi berasal.

Untuk menuju ke tempat tersebut kini sudah sangat mudah, akses jalanya pun sudah sangat baik. Dari kota Makassar, sekitar 160 Km.

Namun, lokasi yang jauh tak membuat pengunjung lelah, karena akan terbayar lunas dengan indahnya panorama laut pasir putih yang masih asri.

Desiran ombak bergantian menghantam pesisir, gemuruhnya berbunyi sesekali bergantian dengan dentuman palu panrita lopi yang sedang berjibaku dengan kerasnya kayu besi menjadi sebuah maha karya perahu pinisi.

Meski dirakit dan dirancang menggunakan peralatan tradisional, jangan ragukan kualitasnya,  karena pinisi kini telah diekspor ke banyak negara seperti Tiongkok, Malaysia, Jepang, Filipina, Swiss, dan Inggris.

Pinisi tradisional ini memiliki dua tiang layar utama dengan tujuh buah layar. Tiga layar dipasang di ujung depan, dua layar di bagian depan, dan dua layar lagi dipasang di bagian belakang perahu.

Layar-layar inilah yang digunakan sebagai pembantu alat gerak kapal ketika berlayar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan