PAN Gabung Koalisi Pemerintah, M Qodari: Saya Melihat Peran Pak Zulkifli Itu Sangat Besar

Kamis, 26 Agustus 2021 19:36

Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Istana Merdeka. (Setpres)...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya resmi bergabung dengan koalisi Jokowi atau koalisi parpol pendukung pemerintah.

Kepastian itu terungkap setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno ikut hadir dalam undangan Presiden Jokowi dalam pertemuan petinggi partai koalisi di Istana Merdeka, Rabu (25/8).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi bergabungnya partai politik masuk ke dalam sebuah koalisi baik oposisi maupun koalisi. Yakni faktor kesamaan posisi politik atau oposisi pemerintah, kesamaan ideologi dan kedekatan konstituen.

“Sebetulnya ada satu variabel lagi, tetapi jarang disadari ya dan jarang ditulis. Sebetulnya penting yaitu kenyamanan individu atau kenyamanan pribadi antara pimpinan suatu partai politik, katakanlah dengan Presiden sebagai pemimpin koalisi,” kata Qodari, Kamis (26/8/2021).

Qodari melihat peran Zulkifili Hasan selaku Ketua Umum PAN semenjak 2019 sebelum Pilpres digelar, sudah nyaman dan dekat dengan Presiden Joko Widodo, namun terhalang untuk berkoalisi dengan Jokowi sebab adanya sosok Amien Rais yang masih bercokol di tubuh PAN.

Bagikan berita ini:
5
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar