Guspardi Gaus Minta Pemerintah Berikan Perhatian pada Anak Yatim Piatu akibat Orang Tua Meninggal Terkena Covid-19

Jumat, 27 Agustus 2021 17:59

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus minta pemerintah perhatian anak terdampak Covid-19. Foto: Ricardo...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus meminta pemerintah memberikan perhatian kepada anak-anak yatim atau yatim piatu akibat orang tuanya meninggal setelah terkena Covid-19.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per Juli 2021, setidaknya 11.045 anak telah ditinggal orang tuanya atau menjadi anak yatim piatu selama pandemi.

“Mereka yang kurang beruntung ini tentu memerlukan perhatian dan perlindungan dari pemerintah,” ujar Guspardi Gaus dalam keterangan persnya, Jumat (27/8).

Menurut Guspar di PAN, pemerintah pada dasarnya telah mengeluarkan aturan tentang perlindungan anak semasa pandemi. Hal itu tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78/2021 tentang Perlindungan Khusus Bagi Anak. Aturan itu berisi perlindungan bagi anak dalam situasi darurat.

Pada Pasal 5 Ayat 2 menyebut perlindungan khusus bagi anak dalam kondisi darurat termasuk pada korban bencana sosial, korban bencana nonalam, dan anak dari narapidana perempuan.

Anggota Komisi II DPR RI itu menyebut situasi pandemi telah ditetapkan pemerintah sebagai situasi bencana nonalam. Apalagi konstitusi pada Pasal 34 UUD 1945 mengamanatkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

Bagikan berita ini:
5
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar