Serang Sebuah Desa, Militan Kongo Tewaskan 19 Warga Sipil

Minggu, 29 Agustus 2021 22:58

Personel militer Republik Demokratik Kongo (FARDC) berpatroli mencari pemberontak Pasukan Demokrat Sekutu (ADF) dekat Be...

FAJAR.CO.ID, KONGO – Serangan di sebuah desa di Republik Demokratik Kongo timur oleh militan Kongo, telah menewaskan sedikitnya 19 warga sipil.

Para penyerang itu menjarah rumah-rumah dan mulai membakar di Kasanzi-Kithovo dekat Taman Nasional Virunga, Provinsi Kivu Utara, pada Sabtu waktu setempat.

“Saya tidak tahu harus pergi ke mana dengan dua anak saya,” kata warga desa Kahindo Lembula, yang kehilangan empat kerabatnya dalam serangan itu.

“Hanya Tuhan yang akan membantu kami.” Kepala distrik Buliki, Kalunga Meso, dan kelompok hak asasi lokal CEPADHO menyalahkan serangan itu kepada Pasukan Demokrat Sekutu (ADF) – sebuah kelompok militan Islam yang dituduh membunuh ribuan orang dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar di daerah terpencil.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab dan ADF tidak dapat dihubungi.

Pemerintah mengumumkan darurat militer di Kivu Utara dan provinsi tetangga Ituri pada awal Mei, dalam upaya memadamkan gelombang kekerasan yang sebagian besar dikaitkan oleh militer kepada ADF.

Bagikan berita ini:
7
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar